Pupuk Organik Bumdes Bumi Karya Sejahtera Pacu Produksi Petani Sekampung Udik

Pupuk Organik Bumdes Bumi Karya Sejahtera Pacu Produksi Petani Sekampung Udik


KOMINFO LAMTIM, Sekampung Udik - Badan usaha BUMDes Bumi Karya Sejahtera Desa Sidorejo Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur berdayakan peternak kambing untuk memproduksi pupuk organik. (10/10)

 

Hi. Wahid Imam Rifai M.Pd.I menjelaskan bahwa BUMdes Bumi karya Sejahtera, pada awal di bentuk memang fokus pada bidang pertanian dan peternakan. Di Desa Sidorejo ini Masyarakatnya hampir 90% mayoritas adalah petani dan peternak. Maka munculah sebuah gagasan untuk membuat pupuk organik.

 

BUMdes Bumi Karya sejahtera saat ini mampu memproduksi kurang lebih 100 sak karung setiap bulannya, dengan berat kurang lebih 30 kg/sak pupuk organik, yang harga jual Rp 30.000,/ saknya.

 

"Saat ini kami bekerja sama dengan kelompok Tani Jaya dengan anggotanya kurang lebih ada 25 orang, kami mengambil bahan baku dari peternak dengan harga Rp. 10.000, kemudian kami giling menjadi bubuk halus yang pengerjaannya dilakukan oleh organisasi kepemudaan yang ada di Desa, lalu di fermentasi. Setelah dihitung ongkos bahan baku dan biaya produksi maka terhitung Rp. 30.000 harga jual per saknya, dalam satu bulan kurang lebih 100 karung mampu kami produksi" papar Hi Wahid.

 

Salah satu pengguna pupuk BUMdes Bumi Karya Sejahtera Hasan warga Desa bauh gunung sari menuturkan " pada awalnya saya ragu untuk menggunakan pupuk organik, tetapi karena penasaran saya mencobanya. Ternyata hasilnya berbeda 1 hektar lahan yang biasnya mendapat 8200 kg jagung, setelah menggunakan pupuk organik ini naik signifikan menjadi 9600 kg/ hektarnya, biaya produksi lebih hemat sampai 30%., dan kelebihan pupuk organik ini membuat kesuburan tanah tetap terjaga"

 

" Kedepan Harapanya produksi bisa bertambah dengan mengajak kelompok kelompok tani yang belum bergabung sebagai bentuk pemberdayaan,kemudian kami akan melakukan uji lab apa saja kandungan pupuk organik kami yang 90% bahan bakunya dari Kotoran kambing, agar para petani lebih mudah mengetahui kandungannya serta manfaatnya, Dan tentu saja sambil terus mengkampanyekan penggunaan pupuk organik ini kepada petani, dengan melihat begitu besar manfaatnya bagi tanah dan bagi para petani itu sendiri, melalui pelatihan dan penyuluhan kepada petani" pungkas Hi Wahid. (wahib/gun)


Comments