Desa Tri Tunggal Lakukan Uji Coba Drainase

Desa Tri Tunggal Lakukan Uji Coba Drainase


 

KOMINFO LAMTIM, Waway Karya - Pemerintah Desa Tri Tunggal, Kecamatan Waway Karya, Kabupaten Lampung Timur melaksanakan Uji Coba Pembangunan Drainase yang berlokasi didusun Pugung RT 08,  dihadiri Oleh Kasi PMD Kecamatan Waway Karya Priyanto. S. Sos, Pendamping Desa Teknik Ali Nurahman, ST, Pendamping Lokal Desa Rusmila Dewi, S. Pd.I, Sekretaris Desa Eka Setia Budi, Ketua TPK Edi Santoso.  (12/07/2018)

Priyanto S. Sos disela-sela melaksanakan Uji Coba berpesan kepada Kades dan Ketua TPK agar melaksanakan pekerjaan Drainase Sesuai RAB dan Desain Gambar  Yang ada, mulai dari adukan semen dan pasir, penyusunan Batu dan lain-lain.

Dia juga menambahkan agar pekerjaan selanjutnya juga dikerjakan sesuai dengan RAB yang ada. Jangan ketika ada kami dan pendamping desa aja pekerjaannya bagus, tapi ketika kami tidak ada,  pekerjaannya asal-asalan. 

Eka Setia Budi mengatakan, untuk dana desa tahun 2018 tahap pertama telah cair sebesar 20 persen dana tersebut untuk Suplai Matrial Batu Belah, Pasir dan Semen. Dan Untuk dana Tahap kedua ini udah cair, dan dana tahap kedua ini langsung kita alokasikan untuk pembangunan Drainase.

"Dalam pembangunan tersebut tentunya melibatkan masyarakat setempat (swakelola) sesuai dengan acuan yang ada, ''ujarnya" .

Dia melanjutkan, dalam sistem padat karya, masyarakat setempat dilibatkan dalam pembangunan proyek sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan demikian pembangunan sarana dan prasarana dengan sistem proyek padat karya merupakan solusi terbaik untuk memberdayakan masyarakat.

Dirinya menilai program padat karya tunai sangat baik manfaatnya karena mampu meningkatkan perekonomian masyarakat itu sendiri.

 “Ya tujuan padat karya memang bagus diantaranya  untuk membantu perekonomian masyarakat kurang mampu dengan cara mengurangi angka pengangguran,” tambahnya.

Dia menjelaskan, dengan demikian tujuan pemerintah menyalurkan dana desa akan berdampak positif terhadap pemberdayaan masyarakat. “Pada program ini dapat menambah daya beli masyarakat desa kami. Program ini dapat mengatasi kemiskinan dengan lebih cepat, selain juga dapat memperbaiki permasalahan sosial terkait kehidupan masyarakat desa. "paparnya" .

 

Sementara Ali Nurahman, ST program padat karya tunai yang disiapkan pemerintah,harus dijalankan karena dengan adannya Program ini dapat menambah daya beli masyarakat desa yang umumnya kelompok miskin. Program ini dapat mengatasi kemiskinan dengan lebih cepat, selain juga dapat memperbaiki permasalahan sosial terkait kehidupan masyarakat desa.

 

“Tak hanya itu, program ini diharapkan akan efektif mendorong konsumsi masyarakat, terutama keIompok bawah. Dampak program ini akan terlihat pada kuartal pertama tahun 2018. Sektor konsumsi diharapkan lebih baik dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di tahun 2018. "pungkasnya. (Ruli/Gun)


Comments